12 Perbedaan Jogja dan Lombok

Assalamualaikum.. :)
Postingan ini bukan untuk mencari kelebihan ataupun kekurangan suatu daerah, tapi melainkan untuk memperkenalkan apa itu Jogja dan apa itu Lombok. Sekedar hanya berbagai informasi tentang ciri khas nya. Sebenarnya Mimin MTN itu orang Lombok lo yang merantau untuk mengenyam pendidikan di Jogja. So, mimin bisa dong membandingan entah itu suasana sampai makanannya..

 
Letaknya di Indonesia
Yaiyalah, letaknya beda. Guoblok banget nih mimin. terserh deh kalian mo ngomong apa. Tapi jujur nih kalian belom tahu kan letak pastinya,  DIY terletak di bagian tengah-selatan Pulau Jawa, secara geografis terletak pada 7°3’-8°12’ Lintang Selatan dan 110°00’-110°50’ Bujur Timur. Berdasarkan bentang alam, wilayah DIY dapat dikelompokkan menjadi empat satuan fisiografi, yaitu satuan fisiografi Gunungapi Merapi, satuan fisiografi Pegunungan Selatan atau Pegunungan Seribu, satuan fisiografi Pegunungan Kulon Progo, dan satuan fisiografi Dataran Rendah. Sedangkan Pulau Lombok (Mataram) terletak pada 08° 33’ - 08° 38’ Lintang Selatan dan 116° 04’ - 116° 10’ Bujur Timur. Topografi pulau ini didominasi oleh gunung berapi Rinjani yang ketinggiannya mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut dan menjadikannya yang ketiga tertinggi di Indonesia.
 

Peta Jogja
Lombok.gif
Peta Lombok


 
 
 
 

 
 
 
Ikon
Apa yang kalian bayangkan jika mendengar kata Jogja, pasti salah satu dari kalian langsung mengingat  sebuah tugu yang terletak di tengah-tengah jalan raya. Tugu pal ini berbentuk bulat panjang dengan bola kecil dan ujung yang runcing di bagian atasnya. Dari kraton Yogyakarta kalau kita melihat ke arah utara, maka kita akan menemukan bahwa Jalan Malioboro, Jl Mangkubumi, tugu ini, dan Jalan Monument Yogya Kembali akan membentuk satu garis lurus persis dengan arah ke puncak gunung Merapi. Sedangkan Pulau Lombok terkenal dengan Lumbung padi-nya. Banyak sekali Logo atau Lambang suatu kota yang ada di Lombok memakai Lumbung padi tersebut. Karena itulah ikon-nya Lombok versi MTN. Lombok di Jogja sering dikatakan sebagai cabai, ya emang Lombok itu kan berarti cabai.
 
Tugu Jogja
Lumbung Padi Lombok
 





 
 
 
 
 
 

 
 
Makanan
Ngomong-ngomong soal makanan, Jogja punya Gudeg. Gudeg adalah makanan khas Yogya yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Sebenarnya di Lombok juga ada tetapi bernama Sayur Nangka saja. Sedangkan Lombok punya Pelecing Kangkung. Plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan sambal tomat, yang dibuat dari Cabai rawit, garam, terasi dan tomat, dan kadangkala diberi tetesan jeruk limau. sebagai pendamping Ayam taliwang, plecing kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti taoge, kacang panjang, kacang tanah goreng, ataupun urap. Hmm, bikin ngilerr..


Nasi Gudeg.jpg
Gudeg Jogja
Pelecing kangkung.JPG
Plecing Kangkung



 
 

 
 

 
Pariwisata (Wisata Alam)
Ngomong-ngomong soal Pariwisata itu ngga ada matinya. Misalnya di Jogja ada Pantai Parangtritis. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. Entah kenapa, yang terkenal pantai Jogja di Lombok itu adalah Parangtritis. Lain di Lombok, di Jogja itu pantai yang cukup terkenal dari Lombok adalah Pantai Senggigi. Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan snorkling sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Sebenanya di kedua daerah tersebut terdapat banyak sekali objek wisata. di Lombok misalnya terdapat Gili Trawangan, Kuta Lombok dan lainnya yang tidak kalah bagus dari Senggigi.
 
Pantai Senggigi
Pantai Parangtritis
 



 

 
 


 
 
Wisata Budaya
Kalian semua dapat menjumpai wisata budaya di Lombok seperti Rambitan, Sukarara, Masjid Bayan Beleq, Pura Suranadi, Pura Lingsar, Taman Narmada, Taman Mayura. Sedangkan di Jogja dengan berbagai macam candinya seperti Candi Prambanan, Candi Hindu Tercantik di Dunia, Candi Kalasan
Kraton Ratu Boko, Kemegahan di Bukit Penuh Kedamaian, Candi Ijo, Candi yang Letaknya Tertinggi di Yogyakarta, Candi Plaosan, Candi Kembar di Yogyakarta, Candi Mendut dan lain sebagainya..


Prambanan Trimurti.jpg
Candi Prambanan
Pura Suranadi













Bahasa
Di Jogja, bahasa sehari-harinya itu ya selain bahasa Indonesia mereka menggunakan bahasa Jawa ada yang halus ada juga yang blak-blakan. Sedangkan penduduk pulau Lombok (terutama suku Sasak), menggunakan bahasa Sasak sebagai bahasa utama dalam percakapan sehari-hari. Di seluruh Lombok sendiri bahasa Sasak dapat dijumpai dalam empat macam dialek yang berbeda yakni dialek Lombok utara , tengah, timur laut dan tenggara.
 
 
Bandara (Bandar Udara)
Di Jogja punya Bandara International Adisutjipto di Lombok punya BIL (Bandara Internasional Lombok). Bandara Adisutjipto adalah bandar udara yang terletak di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kode ICAOnya WARJ (dahulu WIIJ), Kode IATA: JOG. Sedangkan BIL (Bandar Udara Internasional Lombok) dengan kode IATA: LOP ; ICAO: WADL (Lombok International Airport) adalah Bandara domestik dan internasional yang berlokasi di Kab. Lombok Tengah, NTB. Bandara ini dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I.

Adisutjipto airport.JPG
Adisutjipto Airport
Bandara. intl Lombok.jpg
BIL


 
 
 
 
 
 

 
Belanja
Monggo yang mau belanja silaq disini. Di jogja terkenal tempat berbelanja seperti Malioboro, Ambarukmo Plaza, Pasar Beringharjo, Kasongan, Pasar Seni Gabusan. Lombok juga memiliki berbagai pusat perbelanjaan, misalnya Mataram Mall, Pusat Kerajinan Mutiara Pagesangan dan Ampenan Cerah Ceria. Disamping itu untuk anda yang suka belanja oleh-oleh Senggigi Square, Sukarara, Pusat Mutiara Pagesangan, bisa menjadi pilihan anda.
 
Maloboro
Mataram Mall
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Pendidikan
Jagja terkenal sebagai kota pendidikan, maka tak heran banyak yang dari luar Jogja berbondong-bondong mengenyam pendidikan di kota ini termasuk saya. Jogja memiliki banyak sekali universitas dari negeri sampai swasta seperti Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan universitas tertua yang didirikan oleh Negara Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam, Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta), sedangkan Swasta nya Universitas Islam Indonesia (UII) yang merupakan universitas swasta tertua di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), STMIK AMIKOM Yogyakarta (dulu AMIKOM) dan masih banyak lagi. Di Lombok, Perguruan Tinggi Negeri yang cukup terkenal di kota ini adalah Universitas Mataram yang sering disingkat Unram. Selain itu terdapat juga Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram, Sekolah Tinggi Pendidikan Dalam Negeri (STPDN) untuk wilayah Nusa Tenggara. Sementara Perguruan Tinggi Swasta diantaranya adalah Universitas Al-Azhar (Unizar), Universitas Nahdlatul Wathan Mataram, Universitas Muhammadiyah Mataram, IKIP Mataram, Universitas NTB, Universitas 45 Mataram, Universitas Saraswati, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mataram, STIE Mataram, dan berbagai macam akademi-akademi atau perguruan tinggi lainnya.
 
 
Agama
Penduduk DIY mayoritas beragama Islam selebihnya beragama Kristen, Katholik, Hindu, Budha. Sedangkan di Lombok, sebagian besar penduduk pulau Lombok terutama suku Sasak menganut agama Islam. Agama kedua terbesar yang dianut di pulau ini adalah agama Hindu, yang dipeluk oleh para penduduk keturunan Bali. Penganut Kristen, Buddha dan agama lainnya juga dapat dijumpai.
 
 
Gunung
Gunung Merapi siapa punya? Jogja!. Gunungapi Merapi, yang terbentang mulai dari kerucut gunung api hingga dataran fluvial gunung api termasuk juga bentang lahan vulkanik, meliputi Sleman, Kota Yogyakarta dan sebagian Bantul. Daerah kerucut dan lereng gunung api merupakan daerah hutan lindung sebagai kawasan resapan air daerah bawahan. Satuan bentang alam ini terletak di Sleman bagian utara. Gunung Merapi yang merupakan gunungapi aktif dengan karakteristik khusus, mempunyai daya tarik sebagai objek penelitian, pendidikan, dan pariwisata. Ada juga Pegunungan Seribu dan Penunungan Kulon Progo. Sedangkan di Lombok ada Gunung Rinjani yang begitu megahnya berdiri kokoh. Gunung Rinjani dengan titik tertinggi 3.726 m dpl, mendominasi sebagian besar pemandangan Pulau Lombok bagian utara dan menjadi objek pendakian favorit di Indonesia.
 
 

Gunung Rinjani
Gunung Merapi
 
 
 
 
 
 
 
 
Artis
Siapa yang tidak mengenal Sheila On 7?! Band legenda itu berasal dari Jogja. Ada banyak musisi-musisi yang diorbitkan dari Jogja seperti Jikustik, Letto, bahkan Soimah pun dari Jogja. Kalo Udin Sedunia? Kalian pernah dengar dong, iya kan? Udin Sedunia adalah artis jebola Youtube yang berasal dari Lombok. Lombok patut berbangga karena untuk pertama kalinya artis Lombok masuk INBOX dan sampe ada filmnya pun.


Sheila On 7
Udin Sedunia
 
 











 
Eh, ngga terasa sudah 12 ciri khas yang sudah saya beberkan. Bagaiman? Setuju kan kalo setiap daerah itu mempunyai keistimewaannya masing-masing. So, kita musti berbangga karena Indonesia itu memiliki apa yang tidak dimiliki negara lain. Dan persamaan Jogja dan Lombo itu adalah sama-sama bagian dari INDONESIA BISA!!..
 
Terima kasih telah membaca postingan terpanjang ini,
Kunjungan Lagi yaa.. :)
 
Courtesy Of:

1 comments:

biaya pendidikan dan biaya hidup nya kok ndak di jelasin???

Reply

Post a Comment

│╔╦╗╦╔╗│
Silahkan berkomentar dengan sopan dan membangun..
Terima Kasih telah berkunjung di MASIH TIDAK NYATA
salam Blogger!! ☺