Tindakan Nyata Sobat Bumi

Manusia diciptakan oleh Tuhan untuk menjadi pemimpin atau khalifah di bumi-Nya. Maksud dari khalifah itu adalah dapat mengatur segala macam masalah di bumi dan menyelesaikannya secara bijak dan arif, karena Tuhan telah menciptakan semua yang dibutuhkan oleh manusia demi kelangsungan hidupnya.  Dan salah satu fungsi manusia diciptakan di bumi ini adalah menjaga dan melestarikan segala keanekaragaman lingkungan demi hidup manusia itu sendiri.
Ada banyak hal yang dapat dilakukan manusia dalam penyeimbangan kehidupan, yang sampai saat ini masih tergantung dengan energi yang masih ada dan semakin hari semakin menipis. Sebelum melakukan hal-hal penghematan energi dan lingkungan itu, harus ada penanaman cinta bumi dan lingkungan dalam hati kita. Setelah kita dapat mencintai bumi ini, kita sebagai manusia yang sangat bergantung pada bumi dan segala  isinya akan lebih bijaksana dalam bertindak mengelola dan mengeksploitasi bumi secara adil, serta tidak akan mempunyai niat untuk merusak alam yang kita tempati ini.

bersepeda
hemat energi
Penghematan energi dilakukan dengan berbagai tindakan nyata yang dapat diaplikasikan dengan mudah. Seperti bersepeda misalnya, tahukah anda bahwa penggunaan energi minyak yang berlebihan salah satunya disebabkan oleh banyaknya kendaraan bermotor yang setiap harinya beroperasi tanpa henti. Penyebab utama dari banyaknya permintaan kebutuhan transportasi, karena harga alat transportasi semakin hari semakin murah tanpa mempertimbangkan energi yang ada. Bersepeda masih dianggap sebagai alat transportasi menengah kebawah, padahal dengan bersepeda kita dapat menghemat banyak bahan bakar minyak dan dapat melindungi lingkungan sekitar serta menyehatkan tentunya. Pertanyaannya, mengapa harus memakai kendaraan bermotor jika jarak yang ditempuh terbilang dekat? Jika kita melihat negara-negara yang sukses seperti Jepang dengan kualitas udaranya yang baik, itu disebabkan karena kebanyakan rakyatnya memilih untuk berjalan kaki atau bersepeda karena kebijakan pemerintahnya yang membuat harga kendaaran dan pajak bermotor sangat mahal. Jadinya masyarakat jepang berpikir dua kali untuk memutuskan memakai kendaraan bermotor. Jika jarak yang kita tempuh dekat, bersepeda merupakan kebijakan yang tepat untuk penghematan energi. Demi bumi kenapa tidak?

matikan lampu
hemat listrik

Tidakan penghematan energi selanjutnya dapat dilakukan dengan cara penggunaan alat-alat listrik secara hemat sesuai dengan keperluannya, serta tidak boros dalam penggunaan penggunaan energi listrik itu. Cara yang paling mudah dilakukan seperti menggunakan alat-alat listrik yang hemat energi dan ramah lingkungan, mematikan alat listrik yang tidak sedang digunakan misalnya lampu pada siang hari. Walaupun tindakan itu merupakan hal yang sangat sepele, faktanya itu dapat menghemat banyak energi untuk kelangsungan hidup selanjutnya. Seperti urusan sandang pun penghematan dapat dilakukan, mencuci pakaian yang sedikit dengan tangan tanpa bantuan mesin cuci yang menyebabkan pemborosan. Kita kan sobat bumi.

memasak secukupnya
Dalam urusan dapur pun, kita dapat menghemat energi dengan memasak seperlunya saja. Jika semua makanan yang dimasak itu habis tidak menjadi masalah, tetapi bagaimana jika makanan itu tidak habis dimakan nantinya akan terbuang sia-sia. Urusan dapur pun tak luput dari tindakan nyata penghematan energi yang dibutuhkan, seperti minyak tanah dan gas dapat dihemat dengan tidak boros dalam pemakaian untuk memasak.
Bukan hanya melakukan penghematan energi, menjaga kelestarian lingkungan juga termasuk dalam tindakan kita sebagai manusia untuk menyelamatkan bumi . Sungguh banyak hal yang dapat dilakukan demi menjaga keseimbangan lingkungan. Tindakan-tindakan semacam itu bukan untuk bumi, tetapi demi kenyamanan kita sendiri dan seluruh lapisan masyarakat untuk tetap tinggal di bumi yang kita cintai ini.

membuang sampah pada tempatnya
tempat sampah sesuai jenisnya

Membuang sampah ke tempatnya, mungkin ini kedengarannya sangat klasik dan klise tetapi itulah kenyataannya. Membuang sampah ke tempatnya sudah digembar-gemborkan melalui berbagai media, contoh paling sederhana terdapat di bungkus makanan ringan sampai di media internet pun demikian adanya. Ini masalah yang krusial, yang sering dilupakan oleh kita sebagai sobat bumi. Apalagi sekarang sudah banyak tempat yang menyediakan tong sampah pemisah antara sampah organik dan anorganik. Kenapa tidak? Membuang sampah sembarangan apalagi itu jenisnya anorganik akan merusak ingkungan melalui tanah yang tercemari bahan kimia berbahaya, itu akan mengakibatkan tanah menjadi tidak subur sehingga kurang produktif dampaknya ya bumi ini akan gersang karena tidak adanya lahan yang subur lagi. 

Daripada dibuang, lebih baik dibuat suatu karya yang mempunyai nilai jual dan dapat menjadikan kita lebih sejahtera. Sudah banyak sekali yang memanfaatkan sampah untuk membuat berbagai jenis kerajinan seperti tas plastik, hingga hiasan rumah yang eksotik. Bukan hanya di darat, jenisnya sama dengan membuang sampah ataupun jenis limbah-limbah yang berbahaya ke daerah perairan seperti laut, danau dan lainnya yang dapat mengakibatkan ekosistem dalam perairan tersebut terganggu sehingga salah satu akibatnya yaitu  kadar oksigen di dalam air menjadi berkurang. Jadi mulai sekarang, biasakan membuang sampah ke tempatnya ya, kita kan tidak mau bumi menderita sebab kita cinta bumi kita. Iya kan?

kreasi dari kertas daur ulang

Memproduksi buku menggunakan kertas daur ulang. Sudah sangat banyak sekarang sobat bumi yang memproduksi buku yang memakai kertas daur ulang dan memanfaatkan sebagai bahan utama industri kreatif seperti souvenir, tempat tissue, dan lainnya. Dampaknya ya pohon yang ada di alam ini tidak ditebang habis-habisan demi memproduksi sebuah buku. Tahukah kalian, setiap ton kertas yang didaur ulang telah menyelamatkan 17 pohon. Bisa dibayangkan hanya dengan mendaur ulang kertas kita dapat menyelamatkan banyak pohon. Karena bahan utama pembuatan kertas yaitu pohon, jadi jika kita membeli buku dan tidak membacanya sama saja dengan menebang pohon dan meninggalkannya begitu saja. Intinya, buku yang kita beli harus dibaca ya sobat bumi. Atau dengan cara lebih sederhana lagi, misalnya selalu gunakan kertas di kedua sisinya, dan edit atau periksa dulu data  sebelum di-print itu akan lebih mengurangi penggunaan kertas. Semakin sedikit pohon di bumi ini menjadikannya semakin menipis udara yang berkualitas yang kita hirup setiap detik. Kita semua tidak mau kan berebutan oksigen bersih?
 
Selain disebabkan untuk memproduksi buku, penggundulan hutan yang sangat marak terjadi akhir-akhir ini disebabkan oleh banyaknya manusia yang membuat rumah, sehingga lahan hijau pun dijadikan sasaran pembuatan properti. Apalagi sekarang sudah sangat banyak pengalihan fungsi hutan menjadi tempat industri. Semakin hari di Indonesia jumlah lahan hijaunya berkurang drastis, itu semua yang menyebabkan yaitu kita sobat bumi. Ironis sekali, sobat bumi menghancurkan bumi.

Menggunakan alat-alat elektronik yang ramah lingkungan, juga akan mendukung gerakan kita untuk menjadikan bumi ini tetap hijau. Terlebih lagi sekarang sudah banyak alat elektronik yang didesain khusus ramah lingkungan seperti lemari es dan AC non CFC. CFC singkatan dari Chloro Fluoro Carbon adalah salah satu emisi yang ada di alam yang dapat merusak lapisan ozon. Pemakaian CFC secara berlebihan dan berkelanjutan dalam berbagai penggunaannya akan menambah kadar pencemaran udara yang pada akhirnya menimbun di lapisan atmosfer bumi. Jadi, sebaiknya kita lebih selektif dalam memilih suatu alat elektronik yang tentunya ramah lingkungan.
menanam pohon
gerakan penghijauan


Ikut gerakan menanam pohon yang biasanya sering diadakan oleh instansi ataupun suatu sponsor. Menanam pohon tidak langsung dapat dinikmati manfaatnya, segala bentuk manfaatnya dirasakan oleh generasi-generasi selanjutnya yang berarti kita telah menginvestasikan sebuah hal yang sangat berguna bagi masyarakat luas. Bukankah menjadi manusia berguna itu adalah sebaik-baiknya manusia?  Jika tidak mampu untuk menanam pohon, menjaga pohon merupakan tindakan yang sangat tepat.
Setelah melakukan berbagai cara yang sudah dipaparkan di atas, cara terakhir yang dapat dilakukan yaitu berdoa agar Tuhan mau memaafkan kita yang sudah sangat serakah pada bumi ini, dan melindungi bumi kita tercinta ini serta selalu diberikan apa yang kita butuhkan untuk menjalani kehidupan di bumi.
Masih banyak hal lagi lainnya yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan bumi  dengan penghematan atau pun menjaga lingkungan. Kalau bukan kita siapa lagi? Kalau bukan sekarang kapan lagi? Keep smile  \(^_^)/
SAVE OUR EARTH = SAVE OUR LIFE
Terima Kasih dan salam SOBAT BUMI



11 comments

capek kita nafas bacanya.. satu kalimat itu banyak tidak dibubuhkan tanda koma.. penting itu tanda baca, biar tidak jenuh bacanya..

Reply

terima kasih atas saran dan pendapatnya..
saya akan merevisi kembali..
tetap berkunjung ya.. :)

Reply

ndk brani ngomen banyak, soalx sya sndri msh banyak slh dlm mmbuat suatu karya.
tp,saran saya sederhanakan paragrap yg da
itu aja, thx b4 :)

Reply

terima kasih taa.. :D
terima kasih atas sarannya.
ntar di revisi..

Reply

yaaaa, samosesamo zra :)
qta ne msh sama2 bljr jga kok ^^

Reply

Pengen gotong royong kayak dulu... bersih desa,, nanam pohon... hehehe inget dulu kalo baca pos ini

Reply

hehe, iya yaa..
terima kasih atas kunjungannya.. :)

Reply

keep writing.. oukee.. :D

Reply

Akhirnya saia menemukan belog Anda bung bero :p

Reply

hahaha, ternyata anda mencarinya juga ya mbak bero..
tenkyu.. :D

Reply

iiiihhhhhh
mntab sudah....
mnulis lbh bnyak lgi... smkin mlesq bca


Reply

Post a Comment

│╔╦╗╦╔╗│
Silahkan berkomentar dengan sopan dan membangun..
Terima Kasih telah berkunjung di MASIH TIDAK NYATA
salam Blogger!! ☺