Soekarno dan Jejak-jejaknya di Dunia

Assalamualaikum..

Hallo MTN-Ters!, :)


Hari ini , saat fajar, 112 tahun yang lalu, Putra Sang Fajar dilahirkan di Pandean, Surabaya. Dengan nama Soekarno yang berhasil menjadi salah satu tonggak kemajuan negara tercinta ini. Dengan Ketegasan dan karisma seorang pemimpin inilah, Ia dicintai hingga sekarang.

Di hari yang juga diperingati oleh Seluruh Umat Muslim di dunia sebagai Hari Isra Mi'raj Rasulullah SAW, tanggal 06 Juni juga menjadi saksi bisu lahirnya pemimpin terbaik dunia. Soekarno. Tepat tahun 1901 dan menjadi presiden pertama Republik Indonesia.

Banyak gebrakan yang ia lakukan, sehingga meninggalkan jejak-jejak di seluruh dunia sebagai orang yang dihormati karena jasa dan semangatnya. Juga sebagai Proklamator terbaik.

Berikut ini MTN akan memberikan jejak-jejak sang proklamator di dunia untuk mengenang hari kelahiran beliau.

1. Gambar Perangko Soekarno di Dunia
Perangko di Philipina

Perangko di Kuba

2. Penghormatan Soekarno di Berbagai Negara

Presiden Sukarno baru tiba di bandara Washington DC, AS, pada siang hari. Didampingi oleh wakil presiden AS, Richard Nixon, Bung Karno disambut penuh oleh pasukan AS dengan 21 kali tembakan kehormatan. Bung Karno tiba di Washington dalam rangka kunjungan selama 18 hari di AS atas undangan Presiden AS, David Dwight Eisenhower (Foto: 16 Mei 1956).

Ir. Soekarno - Richard Nixon

Presiden Sukarno dan Presiden AS, Kennedy, duduk bersama di dalam mobil terbuka, sedang melewati pasukan kehormatan di pangkalan Angkatan Udara AS, MD. Bung Karno datang ke AS dalam rangka pembicaraan masalah insiden Kuba (Foto: 24 April 1961).

Ir. Soekarno dan Kennedy
Bersama Mantan negara penjajah (Jepang)




Presiden Sukarno menjadi tamu kehormatan Kaisar Jepang, Hirohito, dan pangeran Akihito. Bung Karno dijamu makan siang di istana kekaisaran Jepang di Tokyo (Foto: 3 Pebruari 1958).

3. Ir. Soekarno menjadi cover majalah TIMES tahun 1946

Cover Majalah TIMES
4. Mesjid Biru Soekarno di St. Petersburgh

Masjid Biru Soekarno

4. Nama jalan Soekarno di Dunia

Jalan Soekarno di Mesir

Puncak harmonisnya hubungan RI – Mesir, terjadi ketika kedua negara ini dipimpin oleh Ir. Soekarno dari Indonesia dan Gammal Abdul Nasser dari Mesir. Untuk diketahui, Presiden Indonesia pertama dikenal di Mesir dengan nama Ahmad Soekarno. Penambahan nama Ahmad dilakukan oleh para mahasiswa Indonesia di Mesir untuk memperkuat nuansa keislaman sehingga menarik perhatian masyarakat Mesir bahwa Presiden Indonesia beragama Islam, seragam dengan nama Wakil Presiden yang diawali nama Mohammad, lengkapnya Mohammad Hatta. Keduanya (Ahmad dan Muhammad) merupakan nama-nama Islami.


Jalan Ahmad Soekarno
Jalan Soekarno di Maroko

Dipilihnya nama Soekarno, karena Soekarno adalah pencetus Konferensi Asia Afrika (KAA) pada tahun 1955. Nama tersebut dipilih sebagai penghargaan terhadap Presiden Soekarno. Seperti diketahui, hasil KAA saat ini mulai dirasakan oleh negara-negara peserta, termasuk Maroko sendiri. Sebagai bentuk persahabatan dua bangsa, di Jakarta pun kita temui ruas jalan dengan nama Jalan Casablanca.  

Jalan Soekarno di Maroko
Jalan Soekarno di Pakistan
Pakistan begitu menghormati Bung Karno. Ada dua tempat di Pakistan yang dinamai dengan nama beliau yakni Soekarno Square Khyber Bazar di Peshawar, dan Soekarno Bazar, di Lahore.

Hanya itulah yang bisa diinformasikan oleh MTN. Masi banyak lagi jejak-jejak Soekarno di dunia.
Sejujurnya, saya sebagai rakyat biasa sangat merindukan sosok pemimpin seperti beliau dengan kharisma dan ketegasannya membangun bangsa. :)

Dirgahayu putra terbaik bangsa, Bung Karno. Namamu akan selalu hidup dalam sanubari rakyat Indonesia!


"Kita dirikan Indonesia bukan dibawah sinar bulan, tapi dibawah palu godam & di dlm bara api peperangan" Soekarno 1945 
''Bangunlah suatu dunia dimana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan'. Ir Soekarno.  
"Jas Merah : Jangan sekali-kali melupakan sejarah" Ir. Soekarno

Courtesy By:
Berbagai sumber~

Post a Comment

│╔╦╗╦╔╗│
Silahkan berkomentar dengan sopan dan membangun..
Terima Kasih telah berkunjung di MASIH TIDAK NYATA
salam Blogger!! ☺