Perkembangan Emoticon Text di Dunia

Hallo MTN-Ters!, :)
 
Postingan ini sebenarnya hanya ingin mendedikasikan ucapan salam MTN yang selalu di akhir kalimat itu terdapat emotikon " :) ", saking penasarannya dengan dari mana dan kapan saat pertama kali digunakan di dunia kita ini. Setelah browsing cukup lama, ternyata saya menemukannya juga tentang serba-serbi emotikon yang sampai hari ini semakin maju dan berkembang dengan berbagai bentuk mulai dari tulisan asli hingga flash. Okeh, ini dia nih sejarah emotikon dan serba serbinya yang dilansir dari wikipedia. Check in!
 
Emoticon
Sebelum membahas tentang emotikon, kita perlu tahu apa sih emotikon itu. Emosikon merupakan suatu simbol atau kombinasi dari simbol-simbol yang biasanya dipergunakan untuk menggambarkan ekspresi wajah manusia yang sedang mengandung suatu emosi atau perasaan dalam bentuk pesan atau tulisan. Kata “emosikon”  merupakan gabungan dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu emotion, yang berarti emosi, dan icon, yang berarti simbol. Emosikon biasa ditemukan dan digunakan pada teks pesan singkat, e-mail, maupun pada forum-forum internet, seperti chat-rooms ataupun blog. Emosikon diciptakan sebagai realisasi dari ketidakmampuan penyampaian nada suara, ekspresi muka, maupun gestur badan dalam komunikasi tertulis (sumber : Wikipedia)
 
Gara-gara emosikon semakin populer, banyak lo pihak yang kemudian saling mengklaim dirinya sendiri sebagai pencipta ataupun pengguna pertama dari emosikon. Jika diurutkan berdasarkan waktu, contoh awal penggunaaan karakter tulisan yang menggambarkan wajah yang sedang senyum (ataupun merengut) dari samping terdapat pada sebuah iklan untuk film MGM yang berjudul Lili di New York Herald Tribune, edisi 10 Maret 1953, halaman 20, kolom 4-6. Lalu, pada tahun 1963, “wajah senyum”, yang terbuat dari bulatan kuning yang memiliki simbol titik dua yang mewakili mata dan tanda kurung terbuka ke atas yang mewakili mulut, diciptakan oleh seniman Harvey Ball. Simbol itu ia buat atas permintaan dari sebuah perusahaan asuransi terkemuka sebagai bagian dari kampanye untuk meningkatkan semangat para karyawannya. Simbol itu pun kemudian langsung populer. Wajah senyum atau yang lebih terkenal dengan sebutan “smiley” ini kemudian menginspirasi penciptaan emosikon-emosikon lainnya. Grafik dasar dari emosikon ini sebenarnya menggambarkan wajah kecil berwarna kuning yang sedang tersenyum. Pada Reader's Digest edisi Mei 1967 terdapat pula artikel – yang dinyatakan bersumber dari Ralph Reppert dari Baltimore's Sunday Sun – yang isinya :
 
Many people write letters with strong expression in them, but my Aunt Ev is the only person I know who can write a facial expression. Aunt Ev's expression is a symbol that looks like this: —) It represents her tongue stuck in her cheek. Here's the way she used it in her last letter: "Your Cousin Vernie is a natural blonde again —) Will Wamsley is the new superintendent over at the factory. Marge Pinkleman says they tried to get her husband to take the job —) but he told them he couldn't accept less that $12,000 a year —)"
 
Emoticon asli dengan text
 
Artikel tersebut pun membuat beberapa orang beranggapan bahwa Tante Ev-lah pengguna pertama dari karakter emosikon. Tetapi sebenarnya, operator mesin teletype, pada tahun 1973, bahkan mungkin jauh sebelumnya, menggunakan “emosikon” untuk mengekspresikan perasaan mereka sendiri. Teletype hanya memiliki tombol-tombol seperti yang terdapat pada keyboard mesin ketik standar dengan ditambah beberapa karakter khusus. Operator teletype mengembangkan beberapa jenis stenografi untuk berkomunikasi antar operator. Notasi stenografi inilah yang kemudian menjadi dasar penciptaan emosikon, sejalan dengan komputer yang mulai menggantikan teletypes di kampus-kampus universitas sekarang ini. Sekitar tahun 1976, orang-orang pada Sistem PLATO pun telah menggunakan emosikon. Mereka mendapat banyak keuntungan dari karakter-karakter selanjutnya yang dibuat berdasarkan karakter emosikon ini. Salah satu keuntungannya yaitu mereka dapat menggunakan karakter-karakter itu dimanapun mereka perlukan karena mereka dapat mengetik karakter-karakter itu dan dapat pula langsung membuat emosikon baru ketika seseorang mendapat ide baru tentang karakter-karakter itu.
 
Di sisi lain, beberapa situs internet seperti BT's Connected Earth menyatakan bahwa Kevin Mackenzie adalah orang yang pertama kali menggunakan simbol -) di maling list MsgGroup pada tanggal 12 April 1979. Idenya adalah untuk menunjukkan lidah di antara pipi. Jadi, tanda hubung atau stripnya itu mewakili lidah, bukan hidung. Sedangkan, ada pula yang menggunakan :-) untuk menggambarkan lidah di antara pipi, dimana tanda titik duanya mewakili gigi. Sementara itu, pihak lain menggunakan -:) untuk menggambarkan orang yang sedang menjulurkan lidahnya, sebagai tanda pengekspresikan ejekan atau kemarahan. Meskipun jika dilihat secara miring, karakter tersebut mirip dengan wajah senyum, tapi interpretasi yang diinginkan dari karakter itu berbeda. Emosikon cetak pertama kali ditampilkan pada tahun 1881 pada esai Ambroce Bierce yang berjudul “For Brevity and Clarity,” dimana Bierce mengusulkan pengembangan tanda baca yang dapat ditambahkan pada setiap lelucon atau kalimat-kalimat ironis.
 

Scott Fahlman
Scott Fahlman

Akan tetapi, dari semua pihak yang pernah mengklaim dirinya sebagai pencipta ataupun pengguna pertama emosikon, Scott Fahlman-lah yang disebut-sebut sebagai orang pertama yang menggunakan emosikon ASCII asli, yaitu emosikon :-) dan :-( , yang bisa dibilang karakter emosikon yang paling populer dan paling umum di antara karakter emosikon lainnya. Pesan elektroniknya, yang ditampilkan pada papan buletin ilmu komputer Universitas Carnegie Mellon, pada tanggal 19 September 1982 – yang sebelumnya dikira telah hilang, tetapi kemudian ditemukan kembali pada September 2002 oleh Jeff Baird dari pita cadangan yang lama – yaitu berisi :
17-Sep-82 10:58 Neil Swartz at CMU-750R Elevator posts Maybe we should adopt a convention of putting a star (*) in the subject field of any notice which is to be taken as a joke.
17-Sep-82 14:59 Joseph Ginder at CMU-10A (*%) I believe that the joke character should be % rather than *.
17-Sep-82 15:15 Anthony Stentz at CMU-780G (*%) How about using * for good jokes and % for bad jokes? We could even use *% for jokes that are so bad, they're funny.
17-Sep-82 17:40 Keith Wright at CMU-10A *%&#$ Jokes! No, no, no! Surely everyone will agree that "&" is the funniest character on the keyboard. It looks funny (like a jolly fat man in convulsions of laughter). It sounds funny (say it loud and fast three times). I just know if I could get my nose into the vacuum of the CRT it would even smell funny!
17-Sep-82 17:42 Leonard Hamey at CMU-10A {#} (previously *) ...I think that the joke character should be the sequence {#} because it looks like two lips with teeth showing between them. This is the expected result if someone actually laughs their head off...
19-Sep-82 11:44 Scott E Fahlman :-) From: Scott E Fahlman I propose that the following character sequence for joke markers: :-) Read it sideways. Actually, it is probably more economical to mark things that are NOT jokes, given current trends. For this, use :-(
Eh, walaupun begitu ada perbedaan penulisan emotikon lo dari daerah barat sama timur, kalo di barat
ditulis dari kiri ke kanan, karena sebagian besar budaya barat membaca dan menulis pun dari kiri ke kanan. Contoh emosikon gaya barat ini yaitu : :) yang berarti senang :( yang berarti sedih :D yang berarti tertawa lebar. Sedangkan gaya timur dapat dipahami tanpa harus memiringkan kepala ke kiri. Gaya ini mulai ada pada ASCII NET Jepang pada tahun 1986. Emosikon gaya timur biasanya digambarkan dalam format seperti (*_*). Tanda bintang menunjukkan mata, yang menjadi pusat karakter, sedangkan garis bawah menunjukkan mulut, dan tanda kurung menunjukkan garis muka. Emosi yang berbeda dapat dinyatakan dengan mengubah karakter yang mewakili mata, misalnya ‘T’ dapat digunakan untuk mengungkapkan ekspresi menangis atau kesedihan, contohnya (T_T). Banyak karakter lainnya yang juga dapat ditambahkan untuk menggambarkan lengan atau tangan, misalnya \ (^ o ^) / Microsoft IME 2002 (untuk Bahasa Jepang) atau software-software terbaru mendukung penggunaan bentuk-bentuk emosikon dengan mengaktifkan Microsoft IME Spoken Language Dictionary, yang pada IME 2007 telah digantikan oleh program Emoticons dictionary.
 
Semakin berkembangnya emosikon, banyak sekali perubahannya mulai dari teks menjadi grafis hingga multimedia. Dahulunya tanpa warna kini semakin berwarna ditambah lagi terdapatnya bunyi-bunyi di setiap ikon yang ditampilkan. Keren!
 
Dan, di tahun 2013 ini generasi muda kita semakin alay dengan diberikannya kemudahan dalam membuat emotikon. Liat di BB banyak banget emoticonnya. Ini MTN kasi emoticon yang ada di BB abis nemu di blog orang. Wªkªkªkªkªkªkªkªk.. #Eh, jadi alay.. -____-






Autotext Emoticon Terbaru Lengkap 2013
 
(^_^ ) ( ^_^)/
ヾ(´ー`)ノ
ヾ(´^ω^)ノ♪
ヾ(´^ω^)ノ♪
ヽ(・∀・*)ノ
ヽ(`∀´)ノ
ヽ(*´∀`)ノヾ(´^ω^)ノ♪
ヽ(´Д`;)ノ
=(●´З`)ノ
ヽ(*′ω`)ノ゙
ヽ(*´Д`*)ノ
ヽ(´3`)ノ♪(*^ ・^)ノ⌒☆
ヾ( ゚∀゚)ノ゙
(*'∀^)ハ(^ω^*)
~~\(´μ`。)/~~
ヾ(゚д゚*三*゚д゚)ノ\(^ω^\)( /^ω^)/
ヽ(´Д`;≡;´Д`)丿
ε=ε=(ノ≧∇≦)ノ
ヾ(★´Д)人(Д`☆)ノ゛
ヽ( ・∀・)ノ┌┛Σ(ノ `Д´)ノ
ヽ(д`ヽ)。。オロオロ。。(ノ´д)ノ
(ノ^ω^)ハ(^ω^ )ノ tosss

Autotext Emoticon BlackBerry Ketawa Ngakak
 
Ħèëé=D˚•‧::‧•‎ ​‎​‎​˚ћèé=D˚•‧::‧•‎​‎​‎​˚Ħèëé=D ‎​​​
Нå. =D. нå. =D. нå. =D нå
нªª˘°˘нªª˘°˘нªª˘°˘ нªª˘°˘нªª˘°˘нªª˘°˘нªª˘°˘нªª˘°˘нªª˘°˘ ™
♏♏♏ªªªªñÑñŤŤŤªªªªªPPPP(y)..ªªkªªkªª=Dªªkªªkªª=ªªkªªkªª
=dº°˚нåнåнå˚°º=нå˚°º=d=dº°˚нåнåнå˚°º
• Шªκªκª<=-Pkªκªκªªª\=D/kªªkªª
• °ωkωkωkωkωkωkωk° •.
ˇ♥hªªhaa... Hªªhaa=))♥
H▲²H△²H▲²H△²H▲²H△²H▲²
HªhªhªHªhªhªhªHªhªhªHªhªhª
Wªkªkªkªkªkªkªkªk..
ЩĸЩĸЩĸЩĸЩĸЩĸЩĸЩĸ
ªªKªªKªª=))ªªKªªKªª=)) =)) =))
Wɑº°˚ ˚°º≈kɑº°˚ ˚°ºkɑº°˚ ˚°º≈=))
♓εε♥♓зз♥♓εε♥♓зз☺
(●≧▽≦)♪ ωααααααασσσσωωωωωωω.....
=Dнaнaɑº°˚˚°º≈=))=D=))‎​º°˚˚°º≈=))=))=Dнaнaɑº°˚˚°º≈=))=D=))
˚*•.¸˚*•.¸ =D♓α☆ ♓α ☆♓α=))¸.•*˚¸.•*˚
=)) нªª˘°˘нªª˘°˘нªª˘°˘ ./"/ ‎​‎​‎​‎​‎​ нªª˘°˘нªª˘°˘нªª˘°˘ ‎​ _//_ нªª˘°˘нªª˘°˘нªª˘°˘

Autotext Emoticon BlackBerry Sedih
 
(⌣_ ⌣!!)
[¬_ ¬!!]
(―˛―“)
(¬_ ¬)
(¬,¬”)
(‾~‾“)
m(_ _)m
Ε(.⌣__⌣.)з
(‾˛‾")ƪ(˘-˘) ▸
。_(-_-*)OFF...!

Autotext Emoticon BlackBerry Lucu
 
(~‾ ▽‾)~
( ˘ з˘ )♬♪
ƪ(‾.‾“)┐‎
~(‘▽’~) (~’▽’)~
ƪ(˘⌣˘)┐ ƪ(˘⌣˘)ʃ ┌(˘⌣˘)ʃ
\(´▽`)/ \(´▽`)/ \(´▽`)/
ƪ(˘⌣˘)┐tori.. ƪ(˘⌣˘)ʃ tori.. ƪ(˘⌣˘)ʃ tori..
♪♪┌(∵)┘♪└(∵)┐♪┌(∵)┘♪└(∵)┐♪♪
♪┏(・o・)┛♪┗ ( ・o・) ┓♪┏ (・o・) ┛♪┗ (・o・ ) ┓♪┏(・o・)┛♪

Autotext Emoticon Twitter BlackBerry Terbaru 2013
 
:love ♥
:star ★
:star2 ☆
:music ♫
:flower ✿
:smile ☺
:happy (‾▿‾)
:happy2 ƪ(ˆ▽ˆ)ʃ
:loe ┐('o' ┐)
:gue (┎ '_' ┒)
:end ┒(⌣˛⌣)┎
:cium (˘⌣˘)ε˘`)
:sedih (⌣́_⌣̀)
:joget ~(˘▾˘)~
:tendang \( #`⌂´)/┌┛
:nendang (ヽ `д´)┌┛★)`з゜)
:inlove (♥o♥)
:inlove2 ƪ(♥ε♥)ʃ
:inlove3 (ɔ ˘⌣˘)~♡
:ngelirik (¬_¬")
:lirik ¬_¬
:dance ヘ(^_^ヘ) (ノ^_^)ノ
:dance2 "ƪ(˘⌣˘)┐"ƪ(˘⌣˘)ʃ" ┌(˘⌣˘)ʃ"
:yey \(´▽`)/
:yummy (˘ڡ˘)
:hoi \(‾▿‾\)
:hoi2 (/‾▿‾)/
:ahh ┌("˘o˘)┐
:cantik ( ˘͡ -˘͡)
:idontknow ┐(´_`)┌
:whocares ╮(^▽^)╭
:galau (˘ε˘ƪ)
:marah (╯҂ ‵□′)╯
:babi ( ´(oo)`)
:siul ♪(´ε` )
:kabur ~ ~ (\ ‾o‾)/
:kabur2 ~ ~ \(!!˚☐˚)/
:kaget (!!˚☐˚)
:kaget2 (˚☐˚!!)
:gunting (" `з´),8<
:jewer ( ˚☐° >ɔ-(´̩ε `̩ƍ)
:pukul (" `з´ )_,/*(>_<' )
:tonjok ("¬_¬)--o)*з*)ː̖́
:tonjok ("¬_¬)--o)*з*)ː̖́.
:iblis Ψ(▸_ ◂✗)
:sabarya (⌣́_⌣̀)\('́⌣'̀ )
:peace ♉(˘♢˘)♉
:leptop \__~(˘▾˘~)
:ngantuk (Θ˛Θƪ)
:marah (`⌂´#)
:nangis (╥_╥)
:emosi Щ(ºДºщ)
:emosi2 (۳ ˚Д˚)۳
:gunting (" `з´),8<
:jeles (‾^‾)
:pacaran (‾▽‾)♥(‾⌣‾)
:pacaran2 (ɔ ˘⌣˘)♥(˘⌣˘ c)
:bingung ƪ(° ̯˚ ʃ)
:hahaha нªª˘°˘нªª˘°˘нªª˘°˘
:sebel ( ° -`ω´-)
:huuu p(´⌒`q)
:tinju (Q╰_╯)==○☆‎(x,☉")
:mumet (๑_๑)
:mohon (˘ʃƪ˘)
:ngetawain (`▽´)-σ
:kacamata Ơ̴̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴̴͡
:nunjuk (¬-̮¬)-σ
:nyanyi ♫♪♫( ´▽`)
:capek (‾⌣‾"٥)
:capede ƪ(‾ε‾“)ʃ
:unyu (っ˘з˘)っ
:malu (≧◡≦)
:asyik (´⌣`ʃƪ)
:grr Ϟ(`﹏´)Ϟ
:wkwk °~=))••°wk.wk.wk°••=))~°
:hoam HOoº°ºoOam ((˘O˘ )
:huaa (ಥ ̯ ಥ)
:hiks (ಠ_ರೃ)
:mabok ╭ (′▽`)╯
:yah ╮(╯_╰")╭
:lope (。♥‿♥。)
:elo (σ‾▿‾)-σ
Sumber Lainnya
(∩_∩)
ː̗(^▽^)ː̖
(⌣́_⌣̀)
(*^▽^*)

(-̩̩̩-͡ ̗--̩̩̩͡ )

(T^T)

(T▽T)

( -_-")

(* ̄m ̄)

(#^o^#)

(O_o)*!!

(゜◇゜)

╭(^▽^)╯

( ̄ー ̄)

m(__ )m

\(≧o≦)/

\(^o^)/

\(≧∇≦)/

(>_<)"

(✗_✘)"

(ーー; )

\(´ー`)┌

( ̄□ ̄;):

┌П┐(►˛◄'!)

(@_@)

(* O *)

(~_~)

ƪ(‾ε‾“)ʃ

(¬_¬")

( >͡ .̮ Ơ̴͡ )*

(^o^)V

( ゜O ゜)

( ♥͡▽♥͡ )

(♥͡з♥͡)muach*~♡

(♉ . ♉)
ƪ(˘⌣˘)ʃ

ƪ(◦'⌣'◦ )ʃ


ƪ (^o^)ʃ

ƪ(Ơ̴̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴̴͡)‎​ʃ
‎​

ƪ( •̃͡-̮•̃͡)ʃ
‎​

ƪ‎​​​‎​{^⌣^}ʃ

ƪ("╰ _ ╯ )ʃ

ƪ(..•͡˘_˘ •͡..)ʃ

ƪ("▔□▔)ʃ

ƪ‎​​()ʃ

ƪ♌•͡˘.˘ •͡♌ʃ

ƪ(ˆ▽ˆ)ʃ

((y) •̃͡ з •̃͡)(y)

ƪ(•͡˘ε˘ •͡ )ʃ

ƪ‎​(•. --͡)ʃ

ƪ‎​​‎​(-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩__-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)ʃ

ƪ(✖╭╮✖)ʃ

ƪ(°ロ°")ʃ

ƪ(♥•*⌣*•♥)ʃ

ƪ(^_^)ʃ

ƪ‎​(^ヮ^)ʃ

ƪ("˘ _˘ ")ʃ

ƪ(‾o‾")ʃ ‎

ƪ(@⌣@)ʃ

ƪ(‾o‾")ʃ

(●*∩_∩*●)

(*^ -^*)

(-’_'-)

(¬_¬)

(✖╭╮✖)

(≧◡≦)

(◑‿◐)

✖‿✖

(╥_╥)

(╯_╰)

(╯3╰)

(╯▽╰)

凸(¬‿¬)凸

┌∩┐(◣_◢)┌∩┐

(⊙▂⊙)

(∪ ◡ ∪)

(≧ω≦)

o(≧o≦)o

(•̪●)

(─‿‿─)

(⊙_◎)

d(-_-)b

d|-_-|b

‹(•¿•)›

(╯︵╰,)

(︶︹︺)

(∩︵∩)

(~o ̄▽ ̄)

(︶︿︶)

(︶ω︶)

(◑﹏◐)

(∩▂∩)

(¬▂¬)

(︶︿︶)

(∩▂∩)

(¬▂¬)

(✿ ♥‿♥)

(。♥‿♥。)

٩(͡๏̯͡๏)۶

٩(-̮̮̃•̃)۶

٩(̾●̮̮̃̾•̃̾)۶

٩(-̮̮̃-̃)۶

٩(×̯×)۶

~(‾⌣‾~)

(~‾⌣‾)~

~(˘▾˘~)

~(˘▾˘)~

(~˘▾˘)~

​o(‾^‾)o

(˘-˘)ง



\(´▽`)/

( ˘⌣˘)ε˘ )

~(‾▿‾~)

(~‾▿‾)~

(⌣́_⌣̀)

(‾⌣‾)♉

(╥﹏╥)

(`▽´)-σ

(¬_¬")

(" `з´ )9

(´̩ε `̩ )


(◦˘⌣˘)-c<´▽`)

(⌣́_⌣̀)

('́⌣'̀ )

(˘̩̩̩••˘̩̩̩)⁠

(˘- ˘ )

('◑﹏◐!)

┐(‘⌣’┐)

(┌’⌣’)┌ ┐

(‘⌣’┐)

(┌’⌣’)┌

-____-"

(σ‾▿‾)-σ

(˘ε˘`)ƪ

(˘―˘")"

└(˘◊˘└)

( ˘ з˘ )

(˘-˘" )

(┌_⌣')

(˘ϖ˘)♉

("¬,¬)--c<―_-)

\(ˆ˛ˆ\)

(/ˆ˛ˆ)/

(¬_¬")

\(#`⌂´)/

┌┛*(☆,✗)

(•̅-̯•̅)

(•̯͡.|‾‾‾|

(˘̩̩̩••˘̩̩̩)

(˘ϖ˘)♉

°\(^▿^)/°

*\(˘▽˘)/*

(⌒.⌒)

( '́⌣'̀ )

(つ_╰̩ )

\(!!!˚☐˚)/

(‾ʃƪ‾)

(ʃ⌣ƪ)

(҂ ‾.‾)┌П┐

(ˆ⌣ˆ)

اَلْحَمْدُلِلّه

(ˆڡˆ)

(y)

(o˘⌣˘o)

(‾˛‾")

اَللّهُ

*\(⌒˛⌒ )/*

ƪ(ړײ )ƪ

(┌_┐)

ƪ(ˇ_ˇ'!)ʃ

(⊙_◎)

(˘◊˘)?

(/°▿°\)

ㅎㅎ


Mungkin ini adalah artikel terpanjang MTN selama menulis, abisnya kopi sana kopi sini, paste sana paste sini. Hehehehe.. :3

Jangan-jangan, gara-gara postingan yang terpanjang ini kalian jadi makhluk Tuhan yang alay ya pren. (¬_ ¬)
Dari sekian banyak emoticon yang MTN sediakan dari tahun 50-an sampe 2013, kalian paling suka yang mana?
 
Udah ah beralay ria, Terima Kasih..

Courtesy Of:
http://id.wikipedia.org/wiki/Emosikon
http://www.komputologi.com/2013/01/autotext-emoticon-blackberry-terbaru.html
 

Post a Comment

│╔╦╗╦╔╗│
Silahkan berkomentar dengan sopan dan membangun..
Terima Kasih telah berkunjung di MASIH TIDAK NYATA
salam Blogger!! ☺