Surga Tersembunyi di Timur Pulau Lombok

Assalamualaikum..

Sebagai bagian dari gugusan ratus ribuan pulau di Indonesia, Lombok menjadi salah satu destinasi wisata dunia yang tak terelakkan lagi. Kendati berada pada Indonesia tengah, tak membuat Lombok menjadi tenggelam dengan gempuran kampanye pariwisata pulau indah lainnya, terbukti dari tahun ke tahun jumlah wisatawan lokal maupun mancanegara memilih lombok sebagai tempat menghabiskan liburannya dan menjadikan Lombok sebagai pulau yang paling banyak dikunjungi wisatawan (Baca Disini).

Pulau Lombok yang berada pada Provinsi NTB ini terbagi atas beberapa kabupaten/kota yang memiliki daerah wisata dan budaya yang beragam salah satunya Kabupaten Lombok Timur. Bagian dari Lombok yang memiliki luas daerah sekitar 2.679,88 km2 mengandung banyak tujuan wisata dari gunung hingga lautnya yang memesona. Selong sebagai ibu kota kabupaten, memiliki fungsi vital sebagai pusat dari segala aspek kehidupan di Lombok Timur mencangkup pusat pemerintahan, pendidikan, serta pusat ekonomi karena terdapatnya banyak toko yang memenuhi kebutuhan warga Lotim (singkatan Lombok Timur).



Tidak jauh berbeda dengan kabupaten/ kota yang lainnya di Lombok, Lombok Timur juga mengandalkan pantai sebagai objek wisata yang terus dikembangkan. Terdapatnya banyak pantai yang indah yang belum dikenal orang seolah menjadi surga tersembunyi bagi wisatawan. Tak hanya mengandalkan pantai, ada beberapa tujuan wisata yang patut dikunjungi seperti pegunungan dan air terjun yang tersebar di Lombok Timur. Bukan hanya itu, budaya dan bahasa yang ada di Lombok juga beragam, setiap daerah memiliki bahasa tersendiri dengan logat berbeda. Berikut adalah penjabaran tentang betapa indahnya Lombok Timur dengan wisata yang beragam.

Wisata Pantai

Sebagai salah satu bagian dari Lombok, Lombok Timur juga mengandung pantai-pantai yang indah. Pantai yang terdapat di Lombok Timur misalnya Pantai Kaliantan, Tanjung Bloam, Gili Sunut, Tanjung Ringgit (Pantai Fotografer), Tanjung Perak dan Tanjung Cina, Pantai Ekas, Pantai Surga, Gili Bagek / Gili Kondo, Gili Sulat, Gili Lawang, Pantai Labuhan Haji, dan Pantai Rambang didekatnya.

  • Pantai Kaliantan
    Pantai Kaliantan
  • Tanjung Bloam
    Tanjung Bloam
  • Gili Sulat
    Gili Sulat
  • Gili Sunut
    Gili Sunut
  • Tanjung Ringgit
    Tanjung Ringgit
  • Gili Sulat
    Gili Kondo
  • Tanjung Perak dan Tanjung Cina
    Tanjung Perak dan Tanjung Cina
  • Tanjung Perak dan Tanjung Cina
    Pantai Surga
  • Pantai Ekas
    Pantai Ekas
  • Pantai Ekas
    Pantai Labuhan Haji
  • Pantai Ekas
    Pantai Rambang

1. Pantai Kaliantan
Pantai Kaliantan merupakan pantai yang terdapat di wilayah Kecamatan Jerowaru. Selain keindahan panorama alam dengan ciri khasnya berupa pasir putih bertekstur merica, daya tarik lainnya yaitu adanya kegiatan seremonial budaya berupa upacara Bau Nyale. (Credit Photo : infolombok.net )

2. Tanjung Bloam
Menjadi daerah konservasi penyu yang berhabitat disekitar tebing-tebing membuat Tanjung Bloam menampakkan keindahannya. Tanjung yang berlokasi di dekat Pantai Kaliantan ini menjadi tempat wisata yang patut dikunjungi . (Credit Photo : Depz)

3. Gili Sunut
Di Dusun Temeak Desa Pemongkong Kec. Jerowaru juga terdapat gili yaitu Gili Sunut yang memiliki garis sejajar dengan Kawasan Tanjung Ringgit. Kondisi fisik kawasan pantai ini cenderung landai, berpasir putih dengan tekstur butiran seperti merica dengan karakter air yang tidak berombak dan relatif tenang sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai atraksi wisata. Ditengah pantai terdapat tiga pulau yang oleh masyarakat setempat disebut dengan Gili Petelu.  (Credit Photo : panduanwisata.com )

4. Gili Sulat dan Gili Lawang
Memiliki potensi berupa hutan bakau dan taman laut yang indah merupakan ciri khas dari Gili Sulat dan Gili Lawang. Karena kondisi tersebut, pulau kecil ini sangat potensial dijadikan sebagai tujuan wisata alam (eco-tourism). Jika anda sedang beruntung, anda akan melihat kawanan lumba-lumba akan menampakkan diri di daerah ini pada musim tertentu.  (Credit Photo : pariwisatapulaulombok.com)

6. Pantai Ekas
Selain Gili Sunut, di Desa Pemongkong juga terdapat Pantai Ekas. Kawasan Ekas merupakan salah satu kawasan pantai dengan kondisi pantai berupa Teluk. Berpasir putih terhampar luas dengan ombak kecil merupakan kondisi yang disajikan Pantai Ekas. Sebagian lokasi dari pantai Ekas merupakan kawasan hunian nelayan. Teluk Ekas sejalur dengan wisata pantai Surga, Pantai Kaliantan, dan Pantai Cemara. (Credit Photo : lombok-property.com)

7. Pantai Surga
Sejalur kawasan pantai Ekas, Pantai Surga menyuguhkan pemandangan bak surga dunia. Dengan panorama alam yang mempesona, dan kawasan pantai berpasir putih membuat Pantai Surga menjadi tujuan wisata di Lombok Timur kendati jalan yang ditempuh masih terbilang cukup sulit. (Credit Photo : warungkopi28)

8. Gili Bagek / Gili Kondo
Gili Kondo merupakan salah satu Gili yang terdapat di Lombok Timur, tepatnya Perairan Kecamatan Sambelia. Di gili tidak berpenghuni ini, kita bisa menikmati alam bawah laut dengan snorkeling. Di sekitar kawasan tersebut terdapat pula Gili Bagek, Petagan dan gili-gili lainnya selain Gili Kondo yang menjadi tujuan wisata. (Credit Photo : panduanwisata.com)

9. Tanjung Ringgit

Berada di ujung Timur-Selatan Pulau Lombok tak membuat Tanjung Ringgit 'tenggelam' tak dikenal. Berhadapan ke pulau Sumbawa dengan alamnya sungguh menakjubkan, indah dengan pantai, tebing tebing, hutan lindung serta goa-goa peninggalan Jepang yang akan membuat anda 'ketagihan' untuk mengunjunginya lagi. (Credit Photo : Bidadut)

10. Pantai Labuan Haji dan Rambang
Terletak di kecamatan Labuan Haji, merupakan pantai yang paling dekat dengan ibukota Lombok Timur yaitu Selong. Memiliki pemandangan yang cukup indah, terlebih lagi saat menikmati sunrise. (Credit Photo : Dok. Pribadi)

Karena keindahan pantai-pantai di Lombok, salah satu stasiun tv swasta KompasTV menyiarkan acara Hidden Paradise dengan Episode Lombok Timur pada tanggal 2 Juni 2013 kemarin. Berikut cuplikannya.





Dengan dikelilingi laut, pulau yang sebagian besar bersuku sasak ini memiliki pantai dan pulau kecil yang belum terekspos, maka tak heran banyak pantai dan pulau kecil yang belum terjamah oleh manusia dan menjadikannya seperti 'hidden paradise' bagi pecinta pantai lokal maupun mancanegara.

Selain itu, setiap pantai dan gili yang ada di Lombok Timur memiliki ciri khas yang berbeda-beda seperti tekstur pasir, tebing, dan pemandangan alam lainnya sehingga tak ada salahnya mengunjungi seluruh pantai dan gilinya karena anda akan dimanjakan dengan perbedaannya.

Wisata Non Pantai

Selain wisata pantai sebagai andalan dari Kabupaten Lombok Timur, berbagai wisata alam lainnya ditawarkan pun tak kalah menariknya seperti pegunungan, air terjun, dan kolam renang.
  • Pantai Kaliantan
    Lembah Hijau
  • Gili Sunut
    Sembalun
  • Air Terjun Jeruk Manis
    Air Terjun Jeruk Manis
  • Otak Kokoq
    Otak Kokoq
  • Tete Batu
    Tete Batu
1. Lembah Hijau
Selain pantai, di Labuan Haji juga terdapat sebuah kolam yang berwarna kehijauan dikenal dengan nama Lembah Hijau. Terletak di Desa Ijobalit membuat Lembah Hijau sering disebut juga sebagai Ijobalit atau dalam bahasa Indonesianya Lembah Hijau. Desa Ijobalit terletak sekitar 7 km arah Timur Kota Selong. Di Ijobalit anda dapat menemukan kolam renang berukuran besar berwarna hijau yang dikelilingi pepohonan yang berbaris mengelilingi kolam renang. Terdapat juga beberapa berugak sebagai tempat untuk bersantai sembari menikmati indahnya pemandangan alam yang disajikan. (Credit Photo : Cyber-Lombok)

2. Sembalun
Sembalun adalah sebuah desa yang terkenal di kalangan pendaki karena merupakan salah satu gerbang menuju puncak Gunung Rinjani dan danau Segara Anak, selain itu sembalun juga mempunyai banyak kebudayaan salah satunya adalah Bale Baleq. Di Sembalun ini juga terdapat beberapa jenis buah buahan seperti strowberi. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan khas dataran tinggi ditemani dengan suhu yang sejuk dan bersih.  (Credit Photo : Skepat-Lombok )

3.  Air Terjun Jeruk Manis / Aiq Temer
Di Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur terdapat Air Terjun Aiq Temer. Dekat dengan desa Tete Batu sekitar kaki Gunung Rinjani. Air terjun yang dikelilingi oleh pemandangan alam yang memanjakan mata terdapat fauna monyet hitam yang menghuni hutan ini. Ada tiga air terjun yang akan memukau anda seperti Jukut, Jeruk Manis, dan Mayung Putih. (Credit Photo : NongkrongAsik)

4. Tete Batu
Berada pada ketinggian 700 meter dari permukaan laut membuat Tete Batu sangat nyaman ditempati. Dengan pemandangan dan suasana udara di pedesaan, anda dapat mengenal dan mengetahui bagaimana kehidupan penduduk desa di Tete Batu ini terlebih lagi dekat dengan objek wisata lainnya seperti Air Terjun Jeruk Manis. (Credit Photo : mustangcorps.com)

5. Otak Kokoq
Sekitar 40 Km dari kota Mataram terdapat objek wisata air Otak Kokoq. Beralamatkan di Lunggu, Desa Montong Betok Kecamatan Montong Gading. Dengar air terjunnya yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit serta pemandangan alam yang asri semakin melengkapi keindahan Otak Kokoq. (Credit Photo : griyawisata.com)

Dan masih banyak lagi wisata-wisata air terjun yang berdekatan dengan Gunung Rinjani sebagai gunung impian pendaki seluruh Indonesia. 

Selain wisata alam yang memukau dari pulau Lombok, wisata budaya juga terdapat di Pulau Seribu Masjid ini seperti Bau Nyale, Rebo Bontong, Sabuk Belo,serta upacara perkawinan sorong serah aji krama yang masih berjalan hingga saat ini.

Nyongkolan (Salah satu adat pernikahan di Lombok) | Photo by : Doelmith

Lombok Timur adalah daerah yang kaya akan destinasi wisata yang tidak pernah anda temukan di tempat lain. Bagi pelancong yang menginginkan keindahan alam yang masih sepi, Lombok Timur menjadi tujuan wisata yang tepat bagi anda! Jangan ngaku pecinta travelling kalau belum ke Lombok Timur!
Ayo ke Lombok! Dan temukan 'surga dunia' yang masih jauh dari keramaian.

Terima Kasih

NB:
Artikel ini ditulis sebelum Kabupaten Lombok Selatan secara resmi dibentuk.

Courtesy By:
http://www.wisatapulaulombok.com/wisata-lombok-timur/
http://www.wisatapulaulombok.com/kabupaten-lombok-timur/
http://lomboktimurkab.go.id/?pilih=hal&id=27


6 comments

mulen na masih tidak nyata, nyata sepina blog de meton. terang jarang de blogwalking ine. salam kenal dari kelayu

Reply

salam kenal juga ya ezra, kk pen neh, jangan lupa kunjungin blog kk pen ya ezra, pedrogondem.blogspot.com

Reply

salam kenal dari sakra. :)

Reply

salam kenal.. :D iyaiya..

Reply

sakra mbe, meton? ereq kontes blogging maliq, milu ke?

Reply

Sakra Tengah kayaknya, in Shaa Allah tapi Liat platform nya dulu.. heheh

Reply

Post a Comment

│╔╦╗╦╔╗│
Silahkan berkomentar dengan sopan dan membangun..
Terima Kasih telah berkunjung di MASIH TIDAK NYATA
salam Blogger!! ☺