Fenomena Trending Topic

Assalamualaikum..
Sudah pada tahu media sosial itu apa? Tau twitter ngga? Atau sudah buat akun twitter malah ngga ke-urus akibat ngga bisa semudah memainkan facebook? Atau ada yang sudah punya beribu followers (pengikut) dan menjadi selebtwit nih. Apapun itu kalian pasti pernah mendengar yang namanya Trending Topic, secara banyak banget pengguna twitter berasal dari Indonesia. Kalau hanya sekedar pernah mendengar tetapi ngga ngerti apa maksud dari Trending Topic itu sendiri, saya kasi tahu deh..
           
tampilan twitter
 
Trending topic merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh media sosial twitter yang berisi tentang 10 topik teratas yang sedang hangat dibicarakan di dunia atau di indonesia saja. Namanya juga trending topic ya jelas yang sedang nge-trend saat itu, dan itu bisa berubah dalam waktu yang relative singkat. Kalian si penggila twitter pasti tau juga dong apa itu TTWW atau TTI? Kepanjangan dari TTWW itu sih Trending Topic World Wide yang mencakup seluruh pengguna twitter di dunia. Sedangkan TTI itu ya Trending Topic Indonesia yang hanya mencangkup wilayah Indonesia saja tweeps.

Tranding Topic 19.11.12

Saya sangat ingin menulis tentang artikel seperti ini karena baru-baru ini saya membuka twitter dan melihat apa sih yang banyak dibicarakan oleh pengguna twitter di Indonesia bahkan dunia (18-19 Nov 12). Dan dari kesemua trending topic yang ada 10 butir, yang paling menarik perhatian saya yaitu #DuniaBanggaPunyaSmash. TT itu sudah menjadi TTWW No.2 lo dan masih menjadi TTI No. 1 (data sampai pukul 7 am, 19.11.12). Saya penasaran kenapa itu bisa jadi trend ya di Indonesia, saya membuka TT itu, dan ternyata TARRAAAA..
Sebagian BESAR yang ngebicarakan Trend itu adalah orang yang tidak suka dengan trend itu sendiri. Loh kok bisa? Yang lebih parahnya lagi, semua yang mencantumkan hastag (#) itu adalah para haters hastag itu sendiri. Dan itu semua yang menyebabkan hastag itu menjadi trend di Indonesia bahkan di Dunia. Liat saja, dari sebagian pengguna twitter mencaci dan memaki hastag tersebut, pantes aja jadi trend soalnya setiap detik banyak banget yng nge-twit pake hastag itu hanya sekedar ikut berpartisisapi nge-bully hastag itu. Ini fakta lo, kalo ada yang penasaran dengan trend ini copy #DuniaBanggaPunyaSmash dan paste kan di search-nya twitter. Jadi, saya ngga sembarangan menulis tanpa ngelihat sendiri yang terjadi. :D
Daftar pengguna twitter yang nge-twit dengan
menggunakantema yang sama
(maaf jika kata-katanya terlalu kasar dan vulgar)
Jadi kesimpulan yang dapat saya petik dari segala hikmah bermain twitter yaitu yang membuat suatu tema menjadi trend di negaranya adalah para pengguna twitter yang memang benar-benar suka dengan tema tersebut dan ber-mention ria dengan sesama pengguna twitter lainnya. Dan jangan lupakan satu hal, para pembenci tema tersebut juga ikut berpartisipasi dalam rangka membuat suatu tema yang dianggap ‘menjijikkan’ itu menjadi trend di dunia. So saran saya kalo enek ngeliat trend di dunia atau di Indonesia saja, jangan ikut-ikutan nge-twit dengan tema itu. Itu akan mempermudah dan memperlama suatu topic menjadi trend.
Fakta lainnya, saking banyaknya pengguna twitter di Indonesia, salah satu Film Production di Indonesia membuat film dengan judul "Republik Twitter" yang pastinya ngebahas fenomena twitter mulai dari membuat twitter sampai oknum yang dibayar untuk menjadikan sesuatu menjadi trend.. Dahsyatt..
Sekian dulu deh menulis artikel tentang Trending Topic, semoga dengan adanya artikel ini kita semua menjadi mengerti dan paham serta lebih bijak dalam menggunakan twitter serta trend yang ada. Saya tidak samaa sekali mempunyai niat mendeskriditkan sesuatu, ini semua diambil dari fakta di lapangan. Jika ada sobat yang tersinggung, saya mohon maaf. Selamat nge-twit ria ya tweeps. Yang belum banyak follower sabar, suatu akan indah pada waktunya. Yang belum buat Twitter, buat gih ntra dikira ngga uptodate lo. Keep Smile.. J
Wassalam..

1 comments:

selamat malam sob.. blogwalking ni

oh ia bro, ada kontes even nii .. seu loo
cek aja http://www.rieztoshare.com/2012/11/follmnet-event-rieztonews.html

Reply

Post a Comment

│╔╦╗╦╔╗│
Silahkan berkomentar dengan sopan dan membangun..
Terima Kasih telah berkunjung di MASIH TIDAK NYATA
salam Blogger!! ☺