ke jogja?, naik apa? (part II)


Karena begitu banyak permintaan, dan beribu-ribu request dari penggemar untuk me-postingkan part 2 nya ini aku melanjutkan menuLis tuLisan yang dituLis ini #haLaahh..
Bagi yang belum sempat baca atau hanya sekedar ngeLiat ataupun menghina postingan sebelumnya bisa klik disini. Lanjuuuuuttt…
Aku pun melanjutkan perjalanan menuju Ubung, sejenis LEmbar-bukan Lembar yang ada di Lombok..
Naik kapal lagi, naik kapal lagi… capek deee, oiya kapal yang kedua ini, agak lebih mewah dari kapal sebelumnya, aku lupa nama kapalnya apa, tapi setau saya siyh kapal ini masiyh punya nama, dikapal itu…
Masih terdapat kartu ucapan “SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1433 H”di setiap dindingnya, diputarkan lagu entah apa jenisnya, dangdut bukan, keroncong nanggung, campur sari?, aduh ribet, pokoknya sejenis music daerah entah dari mana, bahasanya pun pake bahasa planet, sempat kepikiran juga siyh buat nanya sama bapak-bapak itu :D..
Oh iya, ngomong-ngomong tentang penyebutan planet, saya paling tidak suka semisal “ih, itu bahasa planet ya?” atau yang tadi saya nonton “bahkan, guru itu ngajarnya sampe planet loo, jauuuh dong”  HALLOOOOOO… emang BUMI bukan termasuk planet yak?, (_ _!)
Eh, eh, kok bahas planet siyh, ini bukan tulisan ilmiah yang dapat diteliti kelanjutannya dan masuk PPB, apaan deh.. saking keasikan ngedengerin lagu campur sari ciptaan artis daerah dengan video clip yang norak badai itu, eh, kok hampir sampe yak kapalnya, emang deket siyh BALI ke BANYUWANGI, seenggaknya lebih dekaat dari LOMBOK ke BALI..
Nyampe deh di Banyuwangi jam 8-an, naik bus itu lagi, dalam teori dan pemikiran saya yang kritis, actual tajam, dan agak terpercaya ini, Surabaya dekat kok ma pantenya, ternyata apa, masiyh jauuuuuhh bro and sist.. yah, nikmati sajaLah perjalanan yang mengasyikan ini,. Entah di mana itu, sampe mana itu, kalo jamnya siyh aku masih ingat sekitar pukul 1-an malem, bus berhenti untuk makan malam lebih tepatnya sahur (padahal bulan puasa pun udah lewat jauh).. kawan tau makanannya apa?, R A W O N, sebelumnya siyh saya udah liat stiker tulisan rawon di depan toko itu, tapi lagi lagi tentang pemikiran saya, ah mungkin ada makanan selain rawon, TIDAK ADA.. yah tersakpa deh makan rawon untuk pertama dan terakhir kalinya mungkin, rasanya?, jangan ditanya.. ngga jeLass, manis bangett (ciri khas makanan JAVA), pengen muntah aja gue waktu itu, tahann masih panjang perjalanan, dan efeknya sampe ke surabaya…
Lanjut ke tulisan ini, perjalan ini terasa sangat menyedihkan, di tanah kering bebatuan *(inget Lagunya bang Ebit), perjalanan dilanjutkan, taukah kamu, saya Libur shalat, alasannya karena mungkin saya masih menjadi musafir, tau kan musafir apa.. itu loh orang yang melakukan perjalanan yang jauuh, dan itu menurut hadist, kaLo tidak salah *(ya benar) boleh tidak melaksanakan kewajiban.. pemikiran saya siyh, kalo sopirnya gimana nasibnya yak?, Lupakan!
Surabaya itu jauh bro, pas paginya, eh udah nyampe Surabaya siyh kayaknya, banyak juga yang turun alias transit untuk pergi ke kota Malang, Lanjut perjalalan, akhirnya nyampe juga diterminal apalah namanya itu, aku Lupa, di sana pun banyak yang turun, ada yang emang bener-bener pergi ke Surabaya, ada pula yang hanya turun terus ngelanjutin perjalanan ke Solo pake bis di terminal. Dan aku?, aku dan beberapa orang lainnya turun di Agen busnya, nyampe deh di agen, aku turun dari bi situ..
Aku bertanya kepada sopirnya, “ini agen ENTEBE ya?”, “oh, bukan ini agen DUN** M*S, ntar ada yang jemput, terus pergi ke agen selanjutnya” jawab sopirnya.. oh, harus nunggu Lagi yak.. ngga sabar, saya disambut oleh tukang becak, mukanya serem kayak di sineteron-sineteron itu loh, tanpa pikir panjang saya naikbecak itu, oiya saya nanya dulu ke tukang bisnya “naik becak ini bayar ngga? Dia menjawab “iya, murah kok”. Hatikupun senang..
Selama perjalanan ke agen selanjutnya di Surabaya, saya berbincang-bincang dengan sopir, eh bukan tukang becaknya..
“mas nya dari mana?” Tanya tukang itu.
“dari Lombok mau ke jogja” jawab saya..
“tadi kenapa ngga turun di terminal aja, ongkosnya bisa lebih murah lo palingan 60rb nyampe jogja, terus bisa langsung jalan, tanpa nunggu lagi, kalo pake agen, itu harganya mahal mas” dia menjelaskan.
Saya teringat pesan kakak saya, yang menyuruhku untuk naik bis di terminalnya, ah dasar guenya aja yang ngga mau susah, pengen yang instan-instan aja.. saya nyesel.. nyesel tingkat dewa!,..
“oh, saya bayarnya 225rb”
“oh, mahal ya, mas nya mahasiswa ya, semester berapa?”
“saya baru masuk, semester awal mau ospek”
Mungkin dalam hatinya si tukang becak ini terngiang untuk menipuku, bukannya suuzon Lo, eh, tapi sama aja siyh ya..
“kalo dari agen yang tadi ke agen berikutnya biasanya ongkosnya 30ribu, tapi berhubung mas nya mahasiswa baru, saya potong lima ribu, jadinya bayarnya 25ribu saja” kata si tukang ..
MIAPAAAHH!!, buset dah, kalah taxi bayarannya, padalan kan jaraknya ngga begitu jauh yak.. ($_$). Saya diam saja, tak menanggapi nya..
Nyampe juga di agen ENTEBE, “mas udah nyampe” katanya, “oh, di sini ya tempatnya” saya menjawab.
“25ribu mas” dia menagihnya..
“10rb aja ya mas, itu mah kemahalan” saya nawar..
“apa-apaan kamu ini!, udah dikasi potongan 5rb, maunya bayarnya 10rb” dia marah-marah, saya takut daripada saya dicakar-cakar yaudah deh saya bayar 25rb, uang saya 50rb, dia tidak punya kembalian, beliaupun menukarnya ke tukang taxi, eh supir taxi yang lagi nongkrong di depan agen itu, dia memberikan kembaliannya dan langsung pergi, mungkin dalam hatinya gembiraloka sudah dapet rejeki nomplok, sedangkan saya, RUGI TOTAL!
Saya berjalan masuk ke dalam ruangan agenya yang masih belum buka, karena saat itu masiyh pukul 7 pagi, sebelum masuk, saya ditanya oleh sopir taxi, “tadi bayarnya berapa?”, saya pun menjawab
“25ribu pak”
“wah, kok mahal ya, naik taxi aja palingan Cuma 20rb”
Saya tertawa terpaksa, dan masuk ke dalam ruangan itu..

___­­__to be continued, dilanjutkan kapan-kapan yah, hehehe____

2 comments

huaaaa :D

yg rekues emng siapa ajja selain gue? iiyuuh~

sok banyak pens loe.. wkwk

ntar keburu taon baru, terus bulan puasa lagi, ayooo postiingg!
>_<

Reply

oiyaya, banyaakk..
ada si masih, si hanya, si ke'fin, si zuLfin.. :D

Reply

Post a Comment

│╔╦╗╦╔╗│
Silahkan berkomentar dengan sopan dan membangun..
Terima Kasih telah berkunjung di MASIH TIDAK NYATA
salam Blogger!! ☺