Cara mengubah Foto menjadi Siluet di Photoshop

Assalamualaikum..
 
Kali ini saya akan berbagi ilmu pengetahuan mengenai cara membuat foto menjadi siluet yang pastinya menggunakan Photoshop CS berapapun. Ini pertama kalinya saya membuat sebuah tutorial bagaimana mengolah foto di Photoshop dalam sebuah blog. Kalian tahu kan Siluet itu apa? Apakah kalian pernah nonton PAS mantap di Trans7? Kalo pernah, pasti kalian tahu dong apa yang diberikan kepada bintang tamu sebagai cendramata? Iya, siluet adalah sketsa wajah yang berwarna hitam gelap. Tanpa berlama-lama lagi, ini dia tutorialnyaa..
 
Pertama kalinya buka dulu foto yang akan kita olah dengan klik menu File - Open, atau dengan jalan pintas Ctrl O. Ingat! Foto yang akan diolah haruslah menghadap ke samping. Kali ini saya menggunakan foto saya sendiri, ada yang komplain? :D
 

File - Open
 

Setelah itu kita akan menyeleksi menggunakan Polygoal Laso tool yang berada pada menu di samping kiri Photosop atau dengan cara mengklik huruf L saja. kita hanya akan menyeleksi bagian kepala dan sedikit dibagian pundak. Kalian boleh menggunakan tool apa saja dalam menyeleksi.
 
Seleksi foto
Setelah terseleksi, klik Ctrl J untuk memisahkan bagian terseleksi tadi dengan foto awalnya dan otomatis menambahkan Layer 1. Lalu kita akan menghitamkan Foto itu dengan menggunakan Hue/Saturation dengan megklik menu Image - Adjustments - Hue/Saturation atau dengan mengklik keyboard Ctrl U. Pada bagian Hue/Saturation ubahlah Lightness nya menjadi -100 seperti terlihat di bawah ini. Ada banyak cara untuk menghitamkan suatu objek.
 
Hue/Saturation
Hasilnya akan terlihat seperti ini setelah dihapus bagian-bagian yang kasar di pinggirnya menggunakan Eraser Tool atau klik E pada keyboard..
 
Hasil Hue/Saturation
Tambahkanlah layer baru dibawah layer 1, otomatis bernama layer 2. Dan warnailah layer 2 menggunakan Paint Bucket Tool pada toolbar dan mengganti warnanya menjadi putih #ffffff. warna Layer 2 sudah berwarna putih.
 

Warna Layer 2 putih

Setelah itu, kita hanya perlu menggeser objek pada Layer 1 ke tengah. Lalu meng-crop foto itu agar lebih simetris dengan menggunakan Crop Tool (C). Hasilnya seperti di bawah ini.
 
Hasil Cropping
Lalu kita hanya perlu menyimpanya dengan klik menu File - Save AS - Ok, ganti menjadi JPG. Maka akan muncul perinah seperti ini. Terserah kalian dalam menentukan ukuran foto. Lalu klik OK.
 
Save
Tarra, hasilnya seperti di bawah ini.
 
Hasil AKhir
 
Bagaimana, menarik bukan? Jangan takut untuk berekslorasi menggunakan Photoshop.
Selamat mencoba..
Terima Kasih
 
Wassalam..
 

15 comments

Manteep coy tutorialnya :D

Reply

tankyu mbak beroo.. :D

Reply

bisa bantuin saya adit siluet ga yaa? hehe soalnya dpt tugass..

Reply

masih kurang ngerti deh, habis ctrl J terus lightnessnya -100 tapi semua gambarnya jadi hitam gak kaya tutorialnya kan wajahnya doang yg hitam??

Reply

yang di -100 in itu yang Layer 1 (yang sudah terseleksi) bukan background ataupun layer putih yang masih full.

Reply

silah kan buka juga ini buat yg masih pemula dalam photoshop
"tutorial belajar photoshop pemula cara membuat gambar hitam putih seperti di pas mantap trans tv"


http://ariegopek.blogspot.com/2013/05/tutorial-belajar-photoshop-pemula-cara.html

Reply

Bang , caranya menyeleksi wajahnya yg d warnai hitam biar mirip yg asli gmna ? Mash bngung nih :D mohon bantuannya :) makasih

Reply

nyoba, tapi hasilnya ga bagus.. wkwkwkw
thx yaaaa :)

Reply

muka nya diseleksi dulu,, trus baru lightness nya -100

Reply

wah sangat membantu tutorialnya :D

Reply

Thnks Sob..Mantap Ilmuna. Sangat bermanfaat sekali...

Reply

keren banget kepengen nyoba gan

Reply

Thanks gan tutorialnya, bermanfaat banget!!! (y)

Reply

saya mau nanya seleksi fotonya kok saya ada warnanya saya pake pen tool

Reply

Post a Comment

│╔╦╗╦╔╗│
Silahkan berkomentar dengan sopan dan membangun..
Terima Kasih telah berkunjung di MASIH TIDAK NYATA
salam Blogger!! ☺